Sample Widget

Minggu, 18 Maret 2012

Membuat COP SURAT dengan CorelDraw 12

Buka Aplikasi Corel Draw 12 klik start > All Program > CorelDRAW Graphics Suite 12 > CoreDRAW 12, sebelum masuk ke aplikasi tampak pada layar monitor kotak dialog “Welcome to CorelDRAW” tampak seperti pada gambar di bawah ini
corel templates new

pilik New untuk memulai dokumen baru. Pastikan kita memilih page orientation  ”portrait”  yang terletak pada property bar.

pengaturan template
Buat kotak sebagai guideline atau batas kop surat, klik window > Dockers > Object Manager, lalu pada Object Manager pilih panel Guides. Pilih Rectangle tool pada toolbox, buat kotak pada jendela gambar dengan ukuran lebar 195 mm dan tinggi 35 mm. Kunci guides anda dengan mengklik gambar pensil pada panel Guides. Pastikan anda mengaktifkan kembali panel Layer 1.
Pilih Text Tool. Klik pada areal gambar untuk membuat teks kop ”cv Aksaramedia Perkasa”. Atur jenis font dan size pada property bar, pada contoh kami menggunakan font atomic dengan ukuran 55 pt warna blue. Lalukan hal yang sama untuk membuat teks keterangan perusahaan ”General Contractor - Supplier” atur dengan memilih warna putih pada color palette, jenis font Trebuchet MS size 18  bold, variasikan dengan membuat kotak membungkus teks tadi. Atur rata tengah dengan memilih menu Arrange > Align and Distribute > Align Centers Vertically (C). Selanjutnya buat alamat perusahaan, pilih Text tool klik di bawah keterangan perusahaan, gunakan font arial size 11 fill  blue. Di sini terlihat pada kop, keterangan perusahaan dan alamat merupakan teks yang terpisah untuk memudahkan tata letaknya. Terakhir buat dua buah garis dibawah alamat, buat ketebalan garis pertama 2 pt dan garis kedua 1 pt, aktifkan kedua garis tersebut klik kanan pada color palette di warna blue.



Sempurnakan dengan pembuatan logo perusahaan, disini menggunakan modifikasi dari huruf A pada font atomic setelah di convert to curves, divariasikan dengan lingkaran dengan menggunakan elips tool.Atur warna sesuai keinginan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini
contoh 2 Logo kop surat
Tentunya untuk keperluan pembuatan paper plate atau aluminium plate para setter memisahkan setiap warna pada hasil desain-nya, yakni warna blue dan red.

Terima kash
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Membuat COP SURAT dengan CorelDraw 12"

Posting Komentar